PENGERTIAN BISNIS & BENTUK KEPEMILIKAN BISNIS
Pengertian Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi
yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti
"sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam
artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi
kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk
untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik
dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang
mereka berikan.
Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua
anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan
rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana
bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat
pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok
orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
Kata
"bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya —
penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha,
yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari
laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor
pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang
paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas
penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang
tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Berikut
pengertian bisnis menurut para ahli:
1. Griffin dan Ebert (1996)
“Business is all those activities
involved in providing the goods and services needed or desired by people”.
Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa
yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi
perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha,
maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti
pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.
2. Huat, T Chwee (1990)
Bisnis dalam arti luas adalah
istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi
barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang
memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis
then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of
our society.
3. Allan Afuah (2004)
“Business is the organized effort
of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that
satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts
within a society or within an industry. Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan
usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa
guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam
industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko
dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.
4. Glos, Steade dan Lowry (1996)
Bisnis merupakan sekumpulan
aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan
mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang
diinginkan konsumen.
5. Musselman dan Jackson (1992)
Suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan
dan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam
aktifitas tersebut.
Jenis-jenis Bisnis
1. Monopsoni
Bisnis monopsoni ialah suatu keadaan di mana pelaku usaha sedang menguasai penerimaan. Suatu pasokan menjadikan pembeli tunggal dari jasa dan barang didalam salah satu pasar komoditas. Bisnis monopsoni ini sering terjadi dan terdapat didaerah Industri dan Perkebunan, sehingga posisi untuk tawar menawar didalam harga buat petani petabu ialah nonsen. Perlunya untuk penelitian lebih jauh lagi dampak dari konopsoni, apakah ada faktor-faktor yang dapat nenimbulkan monopsoni sehingga tingkat kemakmuran seorang petani berpengaruh
Contohnya: cuman ada 1 perusahaan yang mengatasi transportasi Kereta Api di negara Indonesia ialah PT.KAI
2. Monopoli
Monopoli berasal dari Yunani: monos, adalah satu+polein, adalah menjual. Monopoli metupakan salah satu bentuk pasar yang hanya ada penjual tunggal atau satu penjual. Untuk menentukan harga penjualan atau harga pasar tersebut adalah Penjual tunggal tersebut yang biasanya disebut dengan "monopolis"
Sebagai penentu harga jual atau beli pasar (price-maker), pelaku monopolis bisa menurunkan atau menaikan harga menggunakan cara menentukan jumlah besarnya produksi. Bila mana produksi yang dikeluarkan semakin mahal dan sebaliknya apabila produksi yg dikeluarkan semakin banyak maka harga yang akan ditentukan akan semakin murah
Namun perlu diketahui monopolis tidak bisa semena-mena untuk menaikan harga supaya lebih mahal. Jika hal tersebut dilakukan maka akan berdampak pada penjual tersebut. Para konsumen akan menunda atau membatalkan pembelian produksi tersebut.
3. Oligopoli
Oligopoli merupakan pasar yang dimana sebuah penawaran satu tipe barang yang dikuasai beberapa perusahaan lebih dari 2, namun kurang dari 10
Didalam pasar oligopoli, disetiap perusahaan memposisikan sebagai salah satu bagian yang terlibat oleh permainan pasar, dimana sebuah laba yang nereka dapatkan tergantung dari pesaing mereka. Sehingga seluruh produk terbaru akan dipromosikan melallui ikan hanya untuk mengenalkan sebuah produk terbaru mereka.
4. Oligopsoni
Oligopsoni merupakan satu keadaan dimana 2 atau lebih seorang pelaku usaha yang dimana menguasai penerimaan sebuah pasokan atau menjadikan pembeli tunggal atas jasa dan barang didalam pasar komoditas
Klasifikasi
Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
Jenis-jenis Bisnis
1. Monopsoni
Bisnis monopsoni ialah suatu keadaan di mana pelaku usaha sedang menguasai penerimaan. Suatu pasokan menjadikan pembeli tunggal dari jasa dan barang didalam salah satu pasar komoditas. Bisnis monopsoni ini sering terjadi dan terdapat didaerah Industri dan Perkebunan, sehingga posisi untuk tawar menawar didalam harga buat petani petabu ialah nonsen. Perlunya untuk penelitian lebih jauh lagi dampak dari konopsoni, apakah ada faktor-faktor yang dapat nenimbulkan monopsoni sehingga tingkat kemakmuran seorang petani berpengaruh
Contohnya: cuman ada 1 perusahaan yang mengatasi transportasi Kereta Api di negara Indonesia ialah PT.KAI
2. Monopoli
Monopoli berasal dari Yunani: monos, adalah satu+polein, adalah menjual. Monopoli metupakan salah satu bentuk pasar yang hanya ada penjual tunggal atau satu penjual. Untuk menentukan harga penjualan atau harga pasar tersebut adalah Penjual tunggal tersebut yang biasanya disebut dengan "monopolis"
Sebagai penentu harga jual atau beli pasar (price-maker), pelaku monopolis bisa menurunkan atau menaikan harga menggunakan cara menentukan jumlah besarnya produksi. Bila mana produksi yang dikeluarkan semakin mahal dan sebaliknya apabila produksi yg dikeluarkan semakin banyak maka harga yang akan ditentukan akan semakin murah
Namun perlu diketahui monopolis tidak bisa semena-mena untuk menaikan harga supaya lebih mahal. Jika hal tersebut dilakukan maka akan berdampak pada penjual tersebut. Para konsumen akan menunda atau membatalkan pembelian produksi tersebut.
3. Oligopoli
Oligopoli merupakan pasar yang dimana sebuah penawaran satu tipe barang yang dikuasai beberapa perusahaan lebih dari 2, namun kurang dari 10
Didalam pasar oligopoli, disetiap perusahaan memposisikan sebagai salah satu bagian yang terlibat oleh permainan pasar, dimana sebuah laba yang nereka dapatkan tergantung dari pesaing mereka. Sehingga seluruh produk terbaru akan dipromosikan melallui ikan hanya untuk mengenalkan sebuah produk terbaru mereka.
4. Oligopsoni
Oligopsoni merupakan satu keadaan dimana 2 atau lebih seorang pelaku usaha yang dimana menguasai penerimaan sebuah pasokan atau menjadikan pembeli tunggal atas jasa dan barang didalam pasar komoditas
Klasifikasi
Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
- Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
- Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
- Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
- Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
- Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
- Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
- Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
- Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
- Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
Komentar
Posting Komentar